Prosedur Operasi Ablasio Retina

Anda Saat Ini Divonis Menderita Ablasio Retina? Ingin Segera Sembuh? Ketahui Prosedur Operasi Ablasio Retina Yang Bisa Dilakukan


Ketahui Bahaya Penyakit Abalasio Retina

Ablasio retina merupakan kondisi saat retina terlepas dari pembuluh-pembuluh darah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi. Hampir sebagian besar kasus ablasio retina terjadi pada usia 60 sampai 70 tahun. Namun penyakit ini juga bisa terjadi pada dewasa muda atau anak-anak.

Retina sendiri adalah lapisan dalam di bagian belakang bola mata yang mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi gambar yang dikirim ke otak. Fungsi retina bisa disamakan dengan fungsi sensor pada kamera. Apabila retina mengalami kerusakan maka akan berdampak pada penglihatan.

Gejala Ablasio Retina

Ablasio retina tidak akan menimbulkan rasa sakit dan kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba. Namun ada beberapa tanda awal yang menandakan Anda terkena penyakit ablasio retina, yaitu:

  • Muncul Floaters pada mata secara mendadak
  • Efek sarang laba-laba akibat banyaknya floaters
  • Muncul kilatan cahaya pada mata yang hanya muncul sedetik
  • Penglihatan bagian samping mata perlahan berkurang
  • Penglihatan kabur atau mengalami gangguan
  • Penglihatan tertutup oleh bayangan seperti tirai

Penyebab dan Faktor Risiko Ablasio Retina

Ablasio retina terjadi karena adanya robekan kecil dalam retina, sehingga cairan vitreus (cairan di bagian tengah bola mata) akan merembes masuk dicelah antara retina dan lapisan dibelakangnya. Cairan tersebut akan menumpuk dan menyebabkan seluruh lapisan retina terlepas dari dasarnya. Sobekan retina sendiri bisa terjadi karena beberapa seperti:

  • Retina menipis dan bertambah parah karena bertambahnya usia
  • Diabetes dengan komplikasi bagian mata
  • Cedera mata
  • Berkurangnya produksi cairan vitreus

Prosedur Operasi Ablasio Retina Yang Bisa Dilakukan


Apabila retina sudah robek, pengobatan yang muungkin dilakukan dokter yaitu operasi. Prosedur operasi bisa dilakukan dengan photocoagulation atau cryopexy. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menlakukan operasi ablasio retina.

Robekan atau lubang retina bisa diatasi tanpa operasi apapun. Terkadang sebagian orang membutuhkan operasi kedua agar pengobatan berhasil. Bedah mata yang dilakukan tidak selalu berhasil menempelkan retina kembali. Retina yang sudah dipasang kembali juga tidak menjamin penglihatan menjadi nromal. Pemulihan mata setelah operasi ablasio retina mungkin memakan waktu beberapa bulan. Namun dalam beberapa kasus, ditemukan pasien yang penglihatannya tidak dapat dipulihkan.

Bagaimana prosedur operasi ablasio retina?

Berbagai teknik anestesi mungkin digunakan dalam proses ini. Operasi ini biasanya membutuhkan waktu selama 90 menit hingga dua jam. Dokter bedah bisa memperbaiki robekan atau lubang di retina dengan menggunakan laser ataupun teknik pembekuan. Khusus melalui operasi, ablasio retina bida diobati dengan prosedur pengangkatan gel di bagian tengah mata dan menggantikannya dengan gelembung udara, gas atau minyak silikon.

Komplikasi Setelah Operasi

Setiap prosedur operasi pasti memiliki risiko tersendiri, termasuk operasi ablasio retina. Dokter bedah akan menjelaskan segala macam risiko yang mungkin terjadi pasca operasi. Komplikasi yang mungkin terjadi setelah melakukan operasi ablasio retina yaitu berupa:

  • Perdarahan hebat dalam mata
  • Penglihatan terbatas
  • Retina bisa lepas/robek kembali
  • Peningkatan tekanan di mata
  • Penglihatan berbayang
  • Peradangan mata sebelahnya

Itulah beberapa Prosedur Operasi Ablasio Retina Yang Bisa Dilakukan. Dan kami juga merekomendarasikan obat herbal alami untuk ablasio retina guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan Obat Tradisional Ablasio Retina dari Walatra Sehat Mata Softgel yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit mata salah satunya penyakit ablasio retina. Apabila anda ingin tau lebih lanjut tentang obat ablasio retina secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Ablasio Retina.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *