Perawatan Penyakit Meningioma

Anda Saat Ini Sedang Menderita Penyakit Meningioma? Sedang Bingung Dengan Pengobatan Yang Tepat? Ketahui Perawatan Penyakit Meningioma Secara Aman!


Sekilas Mengenai | Penyakit Meningioma

Meningioma merupakan tumor yang terbentuk di meninges yaitu selaput pelindung otak dan tulang belakang. Tumor ini biasanya tumbuh diotak, namun bisa terjadi juga di tulang belakang. Kondisi ini umumnya tergolong tumor jinak yang berkembang sangat lambat, namun pada beberapa kasus dampak dari meningioma pada jaringan otak, saraf dan pembuluh darah dapat menyebabkan kecacatan yang serius.

Gejala Meningioma

Gejala yang muncul pada penderita meningioma tergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Gejala meningioma mungkin pada awalnya tidak terlihat atau juga muncul secara bertahap, berupa:

  • Sakit kepala yang semakin lama semakin memburuk
  • Tinnitus
  • Mual dan muntah
  • Pandangan kabur atau berbayang
  • Gangguan ingatan
  • Hilang pendengaran
  • Perubahan perilaku
  • Gangguan dalam bicara
  • Gangguan indera penciuman
  • Kejang
  • Kelemahan anggota tubuh

Penyebab Meningioma

Samapi saat ini belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya meningioma. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena meningioma:

  • Mengalami Obesitas
  • Orang yang sedang menjalani radioterapi
  • Berjenis kelamin wanita
  • Penderita neurofibromatosis tipe 2

Perawatan Meningioma Secara Aman


Perlakukan yang diberikan pada pasien meningioma tergantung pada banyak faktor seperti ukuran meningioma, letak dan agresivitasnya. Dokter akan mempertimbangkan kesehatan pasien secara keseluruhan dan tujuan perawatan.

Pendekatan “tunggu dan lihat”

Pengobatan langsung tidk perlu dilakukan pada setiap penderita meningioma. Meningioma yang masih kecil dan tumbuh dengan lambat memiliki gejala yang mungkin tidak memerlukan pengobatan khusus.

Apabila Adan berencana untuk tidak menjalani perawatan meningioma, sebaiknya Anda perlu melakukan scan otka secara periodik untuk mengevaluasi meningioma dan mencari tanda-tanda apakah meningioma ini tumbuh. An da mungkin melakukan pemindaian otak setiap beberapa bulan pada awal dan kemudian hanya dilakukan stiap tahun. Namun jika dokter menemukan meningioma tumbuh dan perlu mendapatkan pengobatan, beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meningioma adalah:

  • Operasi

Ahli bedah bekerja untuk mengangkat meningioma sepenuhnya. Namun karean meningioma terjadi disekitar struktur halus seperti di sumsum otak atau tulang belakang, terkadang operas akan sangat sulit dilakukan.

Prosedur operasi bisa menimbulkan berbagai efek samping seperti infeksi dan perdarahan. Risiko spesifik operasi akan tergantung dimana meningioma berada. Seperti, operasi untuk mengangkat meningioma yang terjadi disekitar saraf optik bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

  • Terapi Radiasi

Apabila meningioma tidak bisa terangkat sepenuhnya dengan prosedur operasi, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi radiasi setelah operasi. Tujuan dilakukannya terapi radiasi untuk menghancurkan sel-sel meningioma yang terasisa dan mengurangi kemungkinan meningioma kambuh kembali.

Terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan mesin besar yang bertenaga tinggi yang bisa menghancurkan sel-sel tumor. Kemajuan dalam prosedur terapi radiasi meningkatkan dosis radiasi ke meningioma sedangakn di sisi lain mengurangi radiasi pada jarinagn sehat. Ini termasuk radioterapi stereotactic difraksinasi (SRT) dan intensitas-termodulasi radioterapi (IMRT).

  • Radiosurgery

Jenis perawatan meningioma yang satu ini bertujuan untuk memberikan radiasi yang kuat pada titik yang tepat. Radiosurgery tidak menggunakan pisau bedah atau sayatan. Radiosurgery dilakukan dengan rawat jalan dalam beberaa jam. Pengobatan ini dapat menjadi pilihan untuk penderita yang meningiomanya tidak dapat dihilangkan dengan bedah konvensional atau meningioma yang kambuh meskipun sudah mendapatkan pengobatan.

Bagi penderita meningioma yang kambu atau yang tidak ingin melakukan operasi dan radiasi, dokter akan mencoba untuk perawatan sistem yang berbeda. Namun dalam hal ini, kemoterapi kebanyakan belum terbukti membuahkan hasil. Ada beberapa jenis obat yang bisa diberikan pada penderita seperti HU (Droxia, Hydrea), obat lain yang dapat menghambat pembentukan pembuluh darah (angiogenesis inhibitor).


Itulah beberapa Perawatan Penyakit Meningioma Dengan Aman yang dapat Anda lakukan. Selain dengan melakukan berbagai macam pengobatan medis, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen herbal yang baik untuk kesehatan tak.

Dengan Obat Tradisional Meningioma dari Walatra Brain Nutrition yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan otak salah satunya penyakit meningioma. Apabila Anda ingin tau lebih lanjut tentang obat meningioma secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Meningioma.

Artikel Terkait :

    break2n8

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *