Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis

Anda Saat Ini Sedang Menderita Penyakit Skoliosis? Sedang Bingung Dengan Pengobatan Yang Tepat? Ayo Ikuti Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi!


Sekilas Mengenai | Penyakit Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Biasanya bagian tulang yang umum terlihat melengkung adalah dada dan bagian bawah punggung.

Penyakit skoliosis lebih banyak ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas dengan kisaran usia 10-15 tahun. Anak laki-laki dan perempuan memiliki risiko yang sama, namun anak perempuan lebih rentan mengalami perburukan gejala sehingga membutuhkan penanganan yang memadai.

Gejala Skoliosis

Gejala skoliosis bisa dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul atau bahu. Berikut ini beberapa gejala dari skoliosis, seperti:

  • Salah satu pinggul tampak lebih menonjol
  • Tubuh penderita mungkin condong ke satu sisi
  • Salah satu bahu lebih tinggi
  • Panjang kaki tidak seimbang
  • Salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol

Sulit bernapas dan nyeri hebat biasanya akan dialami oleh pnederita skoliosis remaja dan dewasa apabila tulang belakang yang melengkun bertambah parah. Penderita dewasa lebih sering mengalami nyeri punggung pada titik lengkungan.

Skoliosis juga bisa memengaruhi sistem saraf apabila ujung saraf tertekan oleh salah satu atau lebh tulang belakang yang melengkung. Hal ini, bisa menyebabkan kaki terasa kebas atau lemah, inkontinensia urine ataupun tinja, sebagian penderita juga akan mengalami disfungsi ereksi.

Penyebab Skoliosis

kebanyakan penyakit skoliosis tidak dapat dicegah, karena kondisi ini seringkali tidak diketahui penyebabnya. Berdasarkan penyebabnya, skoliosis dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • Skoliosis idiopatik. Jenis ini tidak diktehaui penyebab pastinya dan tidak dipengaruhi oleh faktor usia, olaharag ataupun postur tubuh.
  • Skolisosi degeneratif. Terjadi karena adanya kerusakan pada bagian tulang belakang secara perlahan-lahan.
  • Skoliosis kongenital. Disebabkan oleh tulang belakang yang tidak tumbuh dengan normal saat bayi dalam kandungan
  • Skoliosis neuromuskular. Gangguan persarafan dan otot seperti pada penyakit lumpuh otak atau distrofi otot.

Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi!

Olahraga sama saja dengan terapi kesehatan yang dapat Anda lakukan secara bertahap. Cara ini memang tidak secepat prosedur operasi, namun dengan melakukan olahraga Anda sudah mengambil pengobatan yang fleksibel dengan tingkat risiko yang kecil. Berikut ini beberapa Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi!


1. Berenang

Renang adalah cara yang banyak dipakai oleh seseorang yang menginginkan tubuh tinggi dan ideal karena renang adalah salah stau cara cepat meninggikan badan yang paling terasa khasiatnya. Berenang terutama gaya bebas bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang dengan begitu dapat mengurangi rasa pegal.

Pada saat berenang, otot menjadi lebih kuat karena gerakan yang dilakukan. Otot yang tadinya lemah akan menjadi kuat dan kokoh. Tak hanya bagus bagi penderita skoliosis, tekanan air sangat membantu dalam menambah ketahanan jantung dan paru-paru tanpa memperparah skoliosis.


2. Yoga

Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi yang selanjutnya yaitu dengan melakukan latihan yoga. Gerakan ini adalah salah stau teknik terapi fisik yang memanfaatkan semua organ tubuh untuk melemaskan otot. Yoga penting untuk memperkuat otot-otot punggung, terlebih saat melakukan posisi kayang.

Pada awal melakukan yoga memang akan sedikit sakit, teknik yang dituangkan memang harus maksimal memanfaatkan semua tenaga otot. Apabila anda melakukan yoga secara rutin maka semuanya justru akan nyaman dan enak. Dengan melakukan pose-pose yoga khusus untuk kesehatan tulang belakang, ruas tulang belakang yang berdetana dan bengkok akan diregangkan secara perlahan disesuaikan agar kembali dalam posisi vertikal yang normal.


3. Bersepeda

Banyak orang menyebut bahwa bersepeda hanya olahraga kecil untuk mencari lelah dna tidak memberikan manfaat lebih. Jangansalah, penderita skoliosis dapat meringankan bebanya hanya dengan olahraga ini.

Bersepeda memberikan efek positif pada kepadatan dan kekuatan tulang dengan begitu, secara otomatis kerangka tulang akan menguat. Bersepeda juga dapat menguatkan otot, dan otot yang kuat bisa melindungi sistem kerangka. Dengan olahraga ini, tulang belakang akan diperkuat dan dilindungi terhadap stres eksternal yang mampu membantu mengurangi kemungkinan sakit punggung dan masalah lainnya.


4. Flesibilitas Punggung

Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi! yang selanjutnya yaitu dengan melakukan fleksibilitas punggung. Cara dari teknik ini ada 4 gerakan yang berpacu pada punggung. Gerakan ini dilakukan dengan rileks, dengan membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Sementara tangan secara seksama akan mengikuti arah badan ditekuk.

Jika ke samping, maka tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan tangan lainnya bebas. Tahan setiap pose selama 10 detik dan kemudian ulangi minimal sebanyak 5 kali.


5. Latihan Inti Gerak

Latihan inti bisa Anda temukan pada gerakan fisik saat melakukan senam. Olahraga ini termasuk ringan, karena tubuh akan didorong melakukan gerakan minimal dengan otot. Gerakan ini sangat efektif jika dilakukan selama 30 menit.

Senam adalah latihan inti geraj yang dapat menjadi pengobatan pilihan demi kesembuhan skoliosis. Namun perlu Anda perhatikan, gerakan ini harus benar-benar dilakukan dengan langkah yang sesuai.


6. Strengthening Trunk

Strethening trunk adalah salah satu jenis olaharaga fisik yang dipercaya dapat mengaktifkan otot-otot tulang belakang dan dapat memperbaiki skoliosis dan tulang belakang yang sakit menjadi lebih baik. Cara melakukan olahraga ini ambil posisi telungkup diatas matras, kemudian dikuti tangan dan kepala. Pada tahap ini Anda mengangkat kepala dan usahakan hanya peru yang menempel pada matras. Cobalah untuk tahan hingga 10 hitungan kemudian ulangi sebanyak minimal 5 kali.


Itulah beberapa Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis Dengan Aman Tanpa Operasi yang dapat Anda lakukan. Olahraga adalah cara yang sangat aman dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain dengan melakukan berbagai macam olahraga, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen herbal yang baik untuk kesehatan tulang.

Dengan Obat Tradisional Skoliosis dari Walatra Sehat Sendi yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan tulang dan sendi salah satunya penyakit Skoliosis. Apabila Anda ingin tau lebih lanjut tentang obat skoliosis secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Skoliosis.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Gunakan Jari Anda Dengan Bijak!!