Cara Mencegah Cedera Hamstring

Anda Tahu Mengenai Penyakit Cedera Hamstring? Ternyata Cedera Tersebut Tak Hanya Terjadi Pada Para Atlet. Untuk Menghindari Penyakit Tersebut, Yukk Ikuti Cara Mencegah Cedera Hamstring Dengan Mudah Dan Aman


Sekilas Mengenai | Penyakit Cedera Hamstring

Cedera Hamstring adalah kondisi saat seseorang mengalami tarikan atau robekan pada otot hamstring. Hamstring adalah tiga otot besar yang berfungsi mengheubungkan otot dan tulang, terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut. Cedera hamstring sangat umum terjadi pada atlet yang melakukan olahraga berat seperti pelari, sprinter, pemain sepak bola atau basket. Kondisi ini dibagi dalam tiga tingkatan yaitu:

  • Tingkat 1 : terikan ringan pada otot hamstring
  • Tingkat 2 : robekan pada sebagian otot hamstring
  • Tingkat 3 : robekan pada seluruh bagian otot hamstring

Penyebab Cedera Hamstring

Penyebab utama cedera ini adalah karena otot hamstring meregang melebihi batasnya saat melakukan aktivitas tertentu, seperti berlari atau melompat. Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya cedera hamstring berupa:

  • Olahraga. Aktivitas olahraga, seperti berlari
  • Riwayat cedera hamstring. Seseorang yang pernah mengalami cedera hamstring lebih berisiko untuk mengalaminya lagi
  • Kelenturan otot yang buruk. Kondisi ini membuat otot tidak bisa menahan beban atau tekanan saat melakukan aktivitas
  • Perkembangan otot yang tidak seimbang. Cedera hamstring rentan terjadi jika otot paha bagian depan lebih kuat dari paha otot hamstring

Gejala Cedera Hamstring

Gejala-gejala dari cedera hamstring dapat bervariasi tergantung pada keparahan cedera:

  • Tingkat 1 : Penderita Mungkin merasakan nyeri ringan pada bagian belakang paha atau kesulitan menggerakan kaki
  • Tingkat 2 : Penderita merasakan rasa sakit yang lebih berat, bagian belakang pada bengkak dan memar pada kasus tertentu
  • Tingkat 3 : Penderita akan merasakan sakit yang ekstrem dengan bengakak dan memar, serta kaki tidak dapat digunakan

Cara Mencegah Cedera Hamstring Dengan Aman Dan Mudah

Otot paha belakang yang kaku meningkatkan risiko terjadinya cedera hamstring dan nyeri punggung. Buatlah rutinitas peregangan otot paha belakang dan sesuaikan olaharga Anda guna mengurangi risiko hamstring tertarik. Ikuti cara mencegah cedera hamstring dengan aman dan mudah berikut ini:

1. Lakukan Peregangan Otot Hamstring Statis

Cara mencegah cedera hamstring yang pertama yaitu dengan melakukan peregangan otot hamstring statis. Cara ini merupakan cara yang paling efektif dalam melepaskan ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas. Jenis peregangan yang paling mudah untuk dilakukan, relatif lebih aman, dan memiliki potensi cedera yang lebih kecil.

Duduklah dengan posisi lutut kanan menekuk ke dalam dan bagian bawah kaki kanan menekan bagian dalam paha kiri untuk melakukan peregangan otot paha belakang gaya duduk. Regangkan kaki kiri di depan Anda secara mendatar di atas lantai, dan perlahan condongkan tubuh ke arah kaki kiri.

2. Lakukan Peregangan Otot Hamstring Dinamis

Peregangan dinamis sedikit lebih intensif dibandingkan dengan peregangan statis karena melibatkan penambahan beberapa gerakan ke dalamnya. Peregangan ini umumnya dilakukan saat peregangan statis telah selesai dilakukan.

Gaya kaki lurus menyentuh jari. Untuk melakukannya, berdirilah dengan tegak, tahan lengan di depan tubuh Anda dan ayunkan kaki ke arahnya dan ke belakang tubuh. Lakukan sebanyak 10 atau 15 ayunan pada tiap sisi

3. Latihan Yoga Atau Pilates

Yoga atau pilates dapat dijadikan sebagai cara mencegah cedera hamstring. Carilah kelas yoga atau pilates di sekitar tempat tinggal Anda dan cobalah bergabunug. Melakukan salah satu aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas seluruh kelompok otot dalam tubuh.

4. Regangkan Otot Paha Belakang

Melakukan peregangan otot paha belakang tidak hanya dapat meningkatkan fleksibilitasnya, namun juga mengurangi risiko cedera dan nyeri punggung. Otot paha belakang terhubung dengan punggung bawah, dan kekakuan ekstrem dapat menyebabkan nyeri punggung.


Itu beberapa cara untuk mencegah terjadinya cedera hamstring yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dan bagi Anda yang saat ini sedang menderita cedera hamstring kami memiliki Salah satu obat tradisional cedera hamstring yang sudah terbukti ampuh yaitu dengan mengonsumsi WALATRA SEHAT SENDI.

Walatra Sehat Sendi Sebagai Obat Tradisional Cedera Hamstring

Walatra Sehat Sendi obat herbal Asli Indonesia yang diproduksi oleh CV. JOGJA NATURAL HERBAL yang terbukti dapat mengobati berbagai penyakit persendian secara alami tanpa menimbulkan efek samping sehingga dipercaya sebagai obat tradisional cedera hamstring. Mau Tahu Apa Saja Bahan Alami Dari Walatra Sehat Sendi? >>Klik Disini<<

Mau Tahu Cara Kerja Walatra Sehat Sendi Sebagai Obat Tradisional Cedera Hamstring?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS)
0821 2818 6997 (Via WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Cara Mencegah Cedera Hamstring
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS) – 0821 2818 6997 (WhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Gunakan Jari Anda Dengan Bijak!!