Cara Ampuh Sembuhkan Bell’s Palsy

Anda Tahu Mengenai Penyakit Bell’s Palsy? Ingin Terhindari Dari Penyakit Tersebut? Ketahui Cara Ampuh Sembuhkan Bell’s Palsy Hingga Tuntas!


Sekilas Mengenai | Penyakit Bell’s Palsy

Bell’s palsy merupakan kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot wajah yang bersifat sementara. Kondisi ini bisa datang secara mendadak. Meski begitu, beberapa orang bisa mengembangkan penyakit ini seumur hidup. Bells’ Palsy bisa menyerang siapa saja, namun lebih banyak ditemukan antara usia 15-45 tahun.

Gejala Bell’s Palsy

Gejala yang muncul berkembang dengan cepat dan mencapai puncaknya dalam dua hari. Berikutb beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh pnederita bell’s palsy:

  • Sisi wajah yang terpengaruh akan terlihat melorot dan tidak bisa digerakkan
  • Kesulitan menutup dan membuka mata dan mulut
  • Sakit telinga pada sis wajah yang mengalami kelumpuhan
  • Bedenging di salah satu atau kedua telinga
  • Bagian mulut yang terpengaruh akan mudah berliur
  • Penurunan atau perubahan indera perasa
  • Rasa nyeri pada sekitar rahang
  • Kesulitan makan, minum dan berbicara

Penyebab Bells’ Palsy

Bell’s palsy disebabkan oleh saraf yang mengendalikan otot atau saraf wajah yang mengalami peradangan atau terhimpit. Saat saraf wajah terhimpit atau meradang, sinyal yang dikirimkan otak menuju otot wajah akan terganggu. Gangguan inilah yang menghambat pasokan darah dan oksigen menuju sel-sel saraf, akibatnya terjadi kelemahan atau kelumpuhan pada wajah.

Penyebab iritasi saraf ini belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Namun virus herpes diduga menjadi penyebab utama masalah ini. Jenis virus herpes yang diduga dapat menyebabkan iritasi yaitu Virus herpes simpleks (HSV) dan Virus varisela zoster.

Cara Ampuh Sembuhkan Bell’s Palsy Hingga Tuntas!

Apabila ada seseorang yang mengalami bell’s palsy secara tiba-tiba, sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Menurut studi, pengobatan bell’s palsy akan efektif jika dilakukan dalam 3 hari pertama setelah gejala muncul.

Sebenarnya, tanpa pengobatanpun bell’s palsy akan sembuh kembali, namun pengobatan dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi akibat bell’s palsy. Berikut beberapa cara Ampuh sembuhkan bell’s palsy yang dapat Anda tempuh:

  • Antivirus. Dokter mungkin akan meresepkan antivirus pada pasien dengan kelemahan saraf wajah yang cukup parah
  • Perawatan mata. Orang yang menderita bell”s palsy akan kesulitan menutup mata. hal ini dapat menyebabkan air mata menguap, sehingga mata menjadi kering dan rentan terinfeksi. Dokter akan meresepakn obat tetes mata untuk di siang hari dan obat oles mata pada malam hari
  • Fisioterapi. Ahli fisioterapi akan mengajari Anda beberapa latihan yang dapat memperkuat otot-otot wajah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dan jangkauan gerakan. Prosedur ini sangat membantu dalam beberapa kasus bell’s palsy, meskipun tidak semua orang sesuai dengan prosedur ini
  • Suntikan Botox. Khusus pada penderita bell’s palsy kronis, suntik botox dapat diberikan untuk mengobati wajah yang terpengaruh ataupun yang tidak terpengaruh. Suntikan ini berfungsi untuk melemaskan otot wajah dan dapat menyeimbangkan gerakan wajah, mengatasi ketidaknyamanan dan meningkatkan penampilan wajah secara keseluruhan.
  • Pengobatan Lainnya. Teknik relaksasi dan akupuntur dikatakan bisa membantu mempercepat pemulihan dari kondisi bell’s palsy
  • Pengobatan Herbal. anda juga bisa memilih pengobatan herbal yang tentunya telah terbukti dan terpercaya dna tidak menimbulkan efek samping serta yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Gunakan Jari Anda Dengan Bijak!!